Antre

Semalam sebelum tidur, saya membaca sebentar. Kali ini merupakan buku kumpulan tulisan para mahasiswa PhD Monash Clayton. Salah seorang penulis bercerita, bahwa sekolah dasar di Australia lebih menekankan tentang kreativitas, kepercayaan diri anak, softskill alih-alih pelajaran.

Namun biarpun Zaidan hanya 6 bulan mengenyam pendidikan dasar di sana, saya melihat sains tidak terlupakan. Saya masih ingat bagaimana ia bercerita bahwa di dalam tubuh kita terdapat tulang dan darah.

Mengapa lebih mementingkan softskill alih-alih pelajaran? Karena pelajaran bisa lebih mudah dipelajari daripada attitude. Perilaku tidak bisa diajarkan begitu saja. Ia perlu dibentuk, ditekuni dan diberi contoh.

Saya jadi ingat beberapa saat lalu, saat mengantar Zaidan sekolah. Mobil di depan saya berhenti. Mobil dari arah berlawanan berhenti sembarangan dan berhenti juga. Lantas ada mobil dari belakang saya, langsung menyalip mobil saya dan mobil di depan saya. Ajaib!

Tinggalkan Balasan

