Menembus Batas Sepuluh Ribu

Alkisah Sabtu kemarin saya berjalan kaki. Ini adalah berjalan kaki yang rasanya paling jauh yang pernah saya lakukan setelah kembali ke tanah air. Setelah saya buka aplikasi kesehatan, ternyata tidak sampai 5000 langkah. Yaay… pendek sekali.

Padahal, setiap hari itu sebaiknya kita berjalan kaki minimal 10.000 langkah. Bagaimana mencapai 10.000 langkah ini setiap hari dengan hidup di pinggiran kota Jakarta?

Sepuluh ribu langkah ini ibarat ambang batas yang harus kita lampaui. Jika ingin menjadi pakar, tak ada jalan singkat. Menurut Malcom Gladwell dalam bukunya di Outliar, saya perlu menghabiskan waktu 10.000 jam lebih untuk menjadi pakar sesuatu.

Saya harus bisa menulis/membaca kode program 10.000 baris atau lebih. Saya harus menulis blog lebih dari 10.000 tulisan. Saya harus bertemu 10.000 orang di bidang saya. Saya harus mengambil foto lebih dari 10.000. Saya harus memasak lebih dari 10.000 kali untuk menjadi pakar memasak.

Dan seterusnya dan seterusnya, berlatih, konsisten, semua untuk mencapai 10.000 kali.

🐍

2 pemikiran pada “Menembus Batas Sepuluh Ribu

Tinggalkan Balasan

