Untuk Apa Membaca?

Siang tadi saya beberes rak buku saya yang sudah saya tinggalkan selama kurang lebih 2 tahun. Sebenarnya bukan rak buku juga sih, lebih tepatnya buku-buku yang saya ikat. Rak buku saya sudah penuh, jadi buku-buku ini terpaksa diikat supaya tetap rapi.

Klo dipikir-pikir, apa sih gunanya membaca buku? Mengapa kita perlu mengeluarkan uang untuk membeli buku? Meluangkan waktu membaca-nya? Apakah ada gunanya? Apakah akan membuat kita tambah kaya? Tambah pintar? Tambah sopan? Tambah berbudaya?

Buku klo ditilik sejarahnya merupakan salah satu temuan penting bagi manusia modern. Dengan buku, pengetahuan dapat disebar dan diajarkan ke lebih banyak orang dibandingkan dengan harus bertatap muka langsung.

Saya baru saja menamatkan buku fiksi: Gendhuk karya … duh lupa penulisnya. Nama belakagnya Mardjuki, diambil dari nama suaminya. Nanti akan saya tuliskan dalam kesempatan terpisah soal resensi buku ini.

Membaca fiksi itu yang seru adalah saat membayangkan. Saat sel-sel otak liar berimajinasi, membayangkan dari apa yang ada di teks. Walau sedikit-banyak saya kurang tahu tentang bagaimana sih kehidupan desa.

Tinggalkan Balasan

