Mohon Tidak Memberikan Tip

Saat ini di parkiran mal-mal Jakarta, para petugas parkir diberikan seragam dengan tulisan di punduk belakang “Mohon tidak memberikan tip”. Tak berhenti di seragam, termasuk di rambu-rambu parkir.

Dalam hati saya bertanya, “Mengapa mereka tak boleh menerima tip? Apa yang salah dengan tip?”. Jawaban singkat dari istri saya saat itu adalah karena itu memang sudah tugas mereka. Eh, ini istri saya bisa membaca dalam hati saya berarti dong. Hehehe…

Lalu saya membaca buku Adhitya Mulya soal parenting, penulis yang melejit lewat karya Jomblo. Saya kira ini jawaban yang paling bisa diterima oleh saya saat ini.

Apa hubungan tidak memberikan tip dengan dunia perorangtua-an?

Dalam salah satu bagian, Adhitya mengkritik tentang pemberian insentif bagi anak. Misal jika anak menghabiskan makanan maka ia bisa dibelikan mainan. Saya pun pernah melakukan ini.

Saat Zaidan TK dulu saya sempat begitu ingiiinnya ia memakan makanan. Bayangkan, dari 6 bulan ia bersekolah, barangkali ia hanya makan 2-3 kali di sekolah. Saat gurunya mendengar bahwa saya mengiming-imingi Zaidan dengan mainan, saya sempat “ditegur”.

Jadi, makan bagi anak adalah sesuatu yang harus ia lakukan dengan motivasi dari dalam dirinya. Bukan didorong dengan insentif dari luar. Makan bagi anak harus datang dari dalam dirinya sendiri. Karena toh makan buat kepentingan diri ia sendiri. Untuk tumbuh besar sehat.

Jadi salah saat makan harus didorong dari luar dirinya sendiri.

Begitupun dengan tip bagi tukang parkir. Ini sudah menjadi tugas inti sang tukang parkir. Jadi tak ada kewajiban bagi pengunjung untuk memberikan tip jika petugas parkir membantu mencarikan tempat parkir kosong atau membantu parkir.

Lain cerita kalau petugas parkir kita minta bantuan membawa belanja-an.

Tinggalkan Balasan

