Pengalaman Kali Pertama ke RPTRA

Alkisah di dekat rumah (orang tua) belum lama ini diresmikan RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak). Namanya kok ribet amat yak? Orang sih suka menyebutnya R-PETRA.

Jarak dari rumah tak terlalu jauh. Paling hanya 200 meter. Lebih dekat zaman ke Taman Fregon dahulu di down under.

Lalu saya dan anak-anak masuk ke dalam RPTRA. Ini kali pertama saya masuk, setelah sebelumnya hanya mengintip dari luar pagar.

Awalnya, saya kehabisan ide di rumah. Anak-anak mau bermain apa lagi. Akhirnya, pikiran spontan saya jatuh ke RPTRA saja.

Dan dengan jarak yang begitu dekat, RPTRA sungguh nyaman untuk dikunjungi. Kami tak perlu naik mobil/motor/sepeda. Tak pusing berpikir jalanan macet, cari parkir, dst.

Inilah konsep tata ruang yang ideal. Saat taman bisa dikunjungi setiap orang tak jauh dari tempat tinggalnya.

Di dalam RPTRA terdapat perpustakaan. Tolong jangan bayangkan perpustakaan dengan rak buku yang panjang berdiri. Dalam hati saya, biar bagaimana ini merupakan kemajuan besar. Buku-bukunya masih layak baca (bagi saya). Ada buku anak-anak, pun beberapa buku dewasa. Saya baca sekilas trik fotografi digital. Namun sebenarnya saya lebih sibuk menganalisis kondisi RPTRA dan memerhatikan anak-anak bermain.

Masih di dalam perpustakaan ada mainan LEGO. Bukan LEGO KW. Di dus-nya ada tulisan, LEGO ini merupakan donasi dari Kedutaan Denmark (eh benar kan Denmark?). Dusnya donasi dari IKEA. Anak-anak sempat bermain agak lama dengan LEGO. Buku-buku yang ada bagi anak-anak di bawah 6 tahun rasanya belum menarik.

Buku bagi anak-anak di bawah 6 tahun harus yang penuh gambar dan ada seseorang yang menceritakan mengenai buku-buku tersebut. Cara meletakkan di rak pun harus terlihat sampulnya. Itulah sedikit pelajaran yang saya ambil saat menjadi pengunjung ruting perpustakaan desa Clayton.

Duh malam-malam begini, saya masih menulis. Tulisan saya juga semakin tak karuan rasanya. Sebenarnya ini sudah lelah, namun masih ada janji yang sedang ditunaikan. His screen time.

Singkat kata: saya terkesan dengan RPTRA ini dan berharap semoga bisa konsisten.

Tinggalkan Balasan

