Bukan Selalu Soal Uang

Apakah kamu siap jadi istri, koh-koh tukang sembako?
Apakah kamu siap klo diminta bantuin jaga toko?
Apakah kamu siap klo harus resign, dan bantuin aku jaga toko pakai daster?

Iya, aku siap

Hari Selasa kemarin, kami nonton film Cek Toko Sebelah. Sebenarnya saya gak terlalu memantau film lokal, tapi karena resensi Kompas Minggu mengatakan film ini cukup menarik, akhirnya saya putuskan untuk mencoba menonton dan mengapresiasi-nya.

Dialog di atas adalah salah satu dialog yang saya ingat. Pacar Erwin (eh siapa namanya? Saya lupa) akhirnya menjawab ia siap menerima Erwin, jika Erwin harus menjaga toko. Awalnya pacar Erwin tak mau Erwin memilih menjaga toko alih-alih promosi ke Singapura.

Ya pacarnya Erwin, tipe wanita karier kantoran banget lah ya.

Pacar Erwin bisa menerima pilihan Erwin setelah konsultasi dengan Ayu, istri kakak Erwin. Ayu menjelaskan bahwa pacar Erwin harus bisa menerima keputusan Erwin untuk menjaga toko. Keputusan untuk membahagiakan Koh Afuk, bapak Erwin. Ayu mengingatkan pacar Erwin bahwa Erwin kehilangan kesempatan membahagiakan ibu-nya hingga ia meninggal.

Saya melihat, di sini lah perbedaan nilai-nilai seorang manusia. Manusia Indonesia itu cenderung lebih kompleks dibanding barat. Tak semua bisa diukur! Entah itu jabatan, uang, dst.

Yang menjadi kebahagiaan orang Indonesia itu relatif kompleks, dan orang Indonesia cenderung lebih bahagia biar bagaimanapun kondisinya.

Ya walau di akhir cerita, Erwin jadinya ke Singapura sih. Kehidupan di Singapura rasanya sih cocok untuk profil pasangan seperti Erwin setelah saya baca di Quora bahwa untuk hidup mapan di Singapura perlu pasangan suami-istri bekerja.

Dua jempol untuk film Cek Toko sebelah, dan tentu alunan musik yang menemani film dari GAC dan The Overtunes!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s