Berguna Juga Siaran Langsung

Seperti yang sudah khalayak ramai ketahui, Facebook dan Instagram mengeluarkan layanan baru yaitu streaming live via ponsel kita. Awalnya saya berpikir buat apa? Apakah akan menambah sampah informasi yang sudah ada lagi?

Ternyata, layanan ini berguna juga. Alkisah hari Selasa kemarin diadakan diskusi seputar media sosial. Diskusi diadakan di Habibie Center di daerah Kemang. Sekitar 12 km lah, jadi sebenarnya masih dalam jangkauan jelajah sepeda saya. Sayangnya, barangkali tak ada kamar mandi kali ya di sana.

Pendek cerita, saya tak jadi ke sana. Eh, ternyata acara ini disiarkan secara langsung via Facebook live. Wah, saya jadi bisa nonton secara langsung dari rumah, tanpa harus ke sana, tanpa harus bermacet-macet ria, kehujanan, dst.

Enaknya nonton secara langsung adalah kita mendapat emosi seolah hadir di sana (walaupun tetap akan berbeda juga sih).

Berikut beberapa catatan saya soal acara ini. Pada dasarnya manusia itu bergaul dengan orang-orang yang sepahaman dengannya. Jadi, biarpun sudah ada media sosial, kedua kubu tetap berada dalam lingkarannya masing-masing. Bahasa ilmiahnya: chamber.

Lalu, kedua apa yang dibaca oleh orang biasanya hanya untuk mengkonfirmasi kebenaran yang sudah diyakini. Jadi, jarang orang mau berpikir terbuka, membaca hal-hal yang tak ia yakini kebenarannya.

Ketiga, apa lagi ya? Saya ketiduran. Hihihi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s