Melaporkan Pajak Pribadi Perorangan

Yak, saya kembali di saat-saat saya kebingungan mengisi laporan pajak pribadi perorangan. Dua tahun yang lalu, saya tak dipusingkan dengan ini karena saya pergi ke down under. Berarti tiga tahun dan sebelumnya, saya melaporkan pajak namun saya tak bingung karena kebetulan di kantor sudah ada yang mengurusi pajak kantor. Saya tinggal menambahkan harta pribadi saja dan datang ke kantor pajak memberikan SPT saya.

Kini di tahun 2017, Ditjen Pajak sudah menerapkan pelaporan secara elektronik. Wow, langkah yang perlu diapresiasi! Tentu ini kemajuan besar di negara sebesar Indonesia. Saya jadi belajar banyak hal.

Pertama, saya harus membuat E-FIN dulu. Electronic Filing Identification Number. Saya baru sempat datang ke kantor pajak hari Senin kemarin. Lalu, saya tanya teman-teman yang lain bagaimana cara melaporkan pajak.

Ada seorang teman yang berbagi tautan “tutorial” mengisi pajak. Tada! Tutorial ini sangat membantu, walau saya masih harus banyak belajar juga. Khususnya dalam menggunakan file viewer. File viewer ini susahnya hanya bisa dijalankan di atas sistem operasi Windows, sementara saya jarang sekali menggunakan sistem operasi Windows ini.

Pendek kata, akhirnya saya berhasil submit! Semoga tahun depan saya bisa lebih baik mengisi formulir ini dengan melakukannya di awal tahun alih-alih di akhir tenggat waktu seperti sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

