Berbagi di Kuliah Umum

Beberapa pekan lalu, saya berkesempatan berbagi dengan adik-adik mahasiswa Fasilkom UI. Senang rasanya kembali ke kampus, dan kali ini saya bisa naik sepeda ke kampus. Walau agak repot, karena saya berkeringat, dan harus ganti kostum, lalu berkeringat lagi. Hehehe…

Tapi aktivitas fisik itu menyenangkan kok. Membuat badan terasa lebih segar. Alih-alih duduk manis naik ojek, saya putuskan untuk berepot-repot naik sepeda.

Saya berbagi mengenai aspek keamanan (security) dalam siklus pengembangan perangkat lunak (SDLC: Software Development Life Cycle). Sebenarnya saya sudah meninggalkan dunia praktisi di dunia keamanan sejak pergi ke down under kurang lebih 2 tahun yang lalu. Jadi saya perlu menyegarkan ingatan saya lagi, khususnya ke bagian yang lebih detail.

Saat saya membaca salah satu ulasan mahasiswa mengenai kelas saya, sungguh saya merasa senang/bangga/berbunga-bunga. Saya kutip singkat tulisannya (tanpa izin):

In my very very very honest opinio, it was the only guest lecture which is worth my 2.5 hours in class! Regardless the topic, I really like the way he gave the lecture. THAT’S IT!

Namun apalah kemampuan saya dibanding dengan guru/panutan saya. Saya hanya berbagi di satu kelas, selama 2-2.5 jam. Tidak sampai 15 sesi pertemuan, bukan di pukul 7 pagi. Saya tidak menilai/memeriksa tugas. Dan saya juga tak membimbing.

Dan… saya sadar masih harus terus dan banyak belajar lagi…

Tinggalkan Balasan

