Singapura yang Dingin

Ini jadi kunjungan kali ketiga saya ke negeri Singa ini. Pertama di tahun 1997, saat saya masih kelas 1 SMA. Kami sekeluarga pergi ke tanah suci berangkat dari negeri Singa. Saat itu tak banyak yang saya tahu soal dunia di luar Indonesia.

Yang saya ingat masih ada fiskal. Dan biaya fiskal lebih besar jika naik pesawat, oleh karena itu kami sekeluarga masuk ke negeri Singa via Batam dengan menaiki kapal feri.

Kali kedua, di tahun 2011. Saat Zaidan berusia 1 tahun.

Entah mengapa di notifikasi Quora, membawa saya ke pertanyaan ini. Hmm… algoritma yang baik dari Quora. Pertanyaan soal putri Lee Kuan Yew, (mantan) Perdana Menteri Singapura.

Entah, apa ini soal perbedaan budaya saja. Di Indonesia, kita terbiasa dengan sopan/santun (tapi lalu menikam di belakang?), sementara sang dokter dengan straight memberikan jawaban.

Lalu, saya menyempatkan naik bis. Jika di Victoria dulu, sang penumpang sesekali masih suka mengucapkan terima kasih sebelum turun dari bis. Namun, saya belum menjumpai penumpang bis di Singapura yang mengucapkan terima kasih.

Singapura memiliki infrastruktur yang jauh lebih baik dari Jakarta. MRT ada di mana-mana. Bis yang teratur. Jalan dengan trotoar besar. Semua teratur. Termasuk mobil-mobil.

Kemarin saya bekerja dari NLB, pusat perpustakaan publik Singapura. Saya masih merasa suasana perpustakaan ini pun juga dingin. Bahkan di pojok anak-anak. Semua interior, buku, padahal semuanya baik. Hiasan seni untuk tidak berisik ada di beberapa tempat. Suasana yang berbeda saat saya masuk ke perpustakaan Clayton dulu.

Entah mengapa saya masih merasa Singapura itu dingin. Walau begitu saya masih ingin berkunjung ke negeri ini dan menghabiskan waktu lebih lama dari kunjungan 2 hari 3 malam. Dan mengajak Zaidan naik bis double decker (tingkat) yang belum kesampaian sekarang :B

Tinggalkan Balasan

