Media Baru

Sudah tahun 2019 dan saya masih setia saja dengan wordpress. Baru-baru ini yang lebih populer di lingkaran saya rasanya adalah medium.com Kalau di kalangan anak-anak muda, yang saya tahu ada wattpad.

Kemarin saya harus pergi ke kota untuk mencari sesuatu. Jadilah saya <em>commute</em> dari pinggiran kota Jakarta ke tengah kota. Tentu saya menggunakan transportasi publik. Saya tak perlu menyetir sendiri dan saya bisa melakukan hal lain.

Karena macet begitu parah di daerah Pondok Indah, dan mata saya mulai lelah melihat layar ponsel, saya putuskan untuk membuka podcast. Awalnya saya mencari podcast Django lalu Python lalu belakangan baru saya coba podcast lokal.

Podcast lokal suaranya malah lebih baik daripada podcast Python/Django. Rasanya karena ini podcast solo, bukan podcast wawancara. Mungkin wawancara dilakukan via jaringan, tidak di tempat yang sama jadi kualitas suara pewawancara dan yang diwawancarai tidak sama.

Anak muda sekarang menurut saya begitu kreatif dan mengikuti perkembangan zaman dengan baik. Mereka tidak hanya menikmati konten tapi mereka juga membuat konten.

Podcast yang kemarin saya dengarkan bercerita tentang bagaimana hidup minimal. Tipsnya lucu-lucu juga. Pertama: hapus aplikasi di HP yang selama 2 minggu tidak digunakan. Sederhana kan? Namun ngena juga.

Kedua: matikan notifikasi aplikasi yang tidak penting. Benar juga. Karena dalam sehari bisa banyak sekali kita meriksa HP kalau tidak ada kesibukan di rumah.

Ketiga dan seterusnya saya lupa: kurangi makan gula salah satunya. Nah, akhir pekan kemarin saya sempat coba makan nasi merah. Haduh, rasanya hambar pisan. Berarti nasi putih itu gulanya banyak sekali ya, sampai rasanya enak banget.

Dengan hidup minimal, kita jadi bisa fokus pada hal-hal yang penting. Ini jadi filosofi yang menarik.

Iklan

2 pemikiran pada “Media Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.