Buku Endian Firewall oleh Tedi Heriyanto

Saatnya melanjutkan menulis resensi buku Tedi Heriyanto.

Membaca judul buku ini, pikiran saya pertama kali adalah soal big-endian/little-endian. Ternyata saya salah. Buku ini mengulas langkah-langkah melakukan instalasi hingga konfigurasi Endian Firewall versi community (catatan: saat saya menulis ini, situs tersebut sedang tidak bisa diakses).

Menurut saya buku Tedi ini lebih menarik dibanding dengan buku sebelumnya. Hehehe… kalau ini sih masalah pilihan topiknya ya. Lagi-lagi Tedi menunjukkan kemampuan menulisnya yang baik. Tulisannya runut dan jelas. Misal pada bagian penjelasan firewall. Tedi menjelaskan dengan baik dengan menunjukkan perbedaan dari stateless packet filter, stateful packet filter dan application layer firewall.

Kesalahan peletakan subsection saya temukan di halaman 8. Section 2.4 Fitur Endian Community Edition tertukar dengan section 2.5 Memperoleh Endian CE. Oh ya, untuk konvensi warna zona DMZ yang benar kuning atau oranye? Karena di halaman 19 saya lihat opsinya adalah oranye sementara pada gambar 2.1 dituliskan kuning. Namun kesalahan ini hanya bersifat minor.

Setelah buku ini saya baca cepat, ternyata fitur-fitur yang dimiliki oleh Endian Firewall ini cukup lengkap. Semua paket tersedia jadi satu. Ada OpenVPN, snort, dst. Bagi mereka yang pemula, pemaketan ini akan memudahkan dalam proses pembelajaran. Bagus juga apabila Endian Firewall ini diimplementasikan pada laboratorium jadi bisa didapatkan pemahaman yang lebih baik. Jadi proses pembelajaran tidak berhenti di teori pada buku.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.